Listrik Prabayar (cara tepat untuk berhemat)

Sudah sejak pertengahan tahun 2009 Listrik Prabayar mulai diperkenalkan kepada masyarakat. Saya sebagai siswi OJT di AP PLN Pondok Kopi sudah melihat sendiri jumlah pelanggan listrik prabayar di daerah Pondok Kopi. Tapi sebelumnya masih adakah yang belum tahu listrik Prabayar itu????

Listrik Prabayar (LPB) adalah layanan terbaru dari PT. PLN (Persero) kepada konsumen dalam mengelola konsumsi listrik melalui elektronik prabayar (MPB). Sebelumnya kita menggunakan listrik pascabayar, nah sekarang Prabayar sama ajah kayak kita menggunakan voucher handphone, kalo pulsa habis gak bisa buat nelpon, sms atau internetan kan???? nah begitu juga dengan listrik ini, kalo “pulsa” habis ya listrik mati. Disitu kita bisa melatih kemampuan kita untuk berhemat, jangan boros listrik kalo gak mau keseringan beli token.

LPB menggunakan sistem “token” dan mengikuti standard transfer specification (STS). Kalo di LPB ini istilah voucher diganti jadi Token. Token itu sendiri adalah 20  digit angka yang unik dan berisi informasi untuk dimasukkan ke dalam kWh meter LPB yang didapatkan oleh setiap pelanggan pada saat membeli energi listrik di delivery channel PLN. Untuk transaksi pembelian voucher/token LPB yang digunakan adalah nomor seri meter, terdiri atas 11 digit. Struk adalah bukti pembelian energi listrik PLN dari tiap delivery channel PLN yang berisi Token.

Nilai token terdiri dari unsur kWh, PPJ, PPN dan Materai. Pilihan token mulai dari Rp. 20.000 sampai 1 juta. Jadi tinggal pilih pemakaian rata-rata kita perbulan berapa beli deh token dengan pulsa yang sesuai dengan pemakaian sebulan kita.

Waktu pertama kalinya PLN meluncurkan LPB ini konsumen masih diberi pilihan jika mau merubah daya, mau pake Pascabayar atau pindah ke Prabayar? Tapi mulai sekarang Pasang Baru maupun Ubah Daya harus sudah pindah ke LPB,

PROSES LAYANAN

.Pasang Baru

1. Calon pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi

2. Petugas PLN melakukan survey lokasi

3. Penertiban surat persetujuan

4. Pelanggan menyampaikan sertifikasi laik operasi (SLO)

5. Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan token perdana

6. Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beliu tenaga listrik

7. Petugas PLN melaksanakan penyambungan (hanya tiga hari kerja)

.Ubah Tarif/Daya

1. Pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapo dengan KTP

2. Penertiban surat persetujuan

3. Pelanggan membayar biaya administrasi/biaya penyambungan dan token perdana

4. Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik

5. Petugas melaksanakan penyambungan (hanya 2 hari kerja)


.Pascabayar (Postpaid) ke Prabayar (Prepaid)

1. Calon pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi

2. Penertiban surat persetujuan

3. Pelanggan membayar biaya penyambungan dan token perdana

4. Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik

5. Petugas melaksanakan penyambungan (hanya dua hari kerja)

Pembelian token dapat dilakukan di Bank Bukopin (ATM), Internet dan SMS Bank Bukopin, Payment Point Online Bank (PPOB).

Proses Pemasukan dan Isi Ulang Token

1. Pelanggan membeli token langsung ke Bank Bukopin atau Bank lain yang sudah bekerja sama dengan PLN atau dapat melalui ATM

2. Pelanggan mendapatkan struk pembelian yang berisi nomor token berjumlah 20 digit

3. Pelanggan memasukkan 20 digit nomor token tersebut ke alat LPB

4. Listrik pun langsung menyala

5. Pelanggan dapat lebih mengendalikan pemakaian listrik dan jika pulsa sudah habis belilah token lagi agar listrik di rumah tidak padam

6. Mudah bukan????

Keunggulan dan Manfaat Prabayar

a. Mengendalikan sendiri pemakaian listrik

b. Pembelian token disesuaikan kemampuan

c. Tidak ada sanksi pemutusan

d. Privasi tidak terganggu

e. Kemudahan pembelian token/pulsa

f. Tanpa Uang Jaminan Pelanggan

g. Tanpa dikenakan biaya beban

h. Biaya penyambungan pasti

i. Pelaksanaan penyambungan cepat

Mudah dan yang pasti menguntungkan kan ???? Ayo mulai beralih ke Listrik prabayar, menguntungkan kita sendiri juga kerugian PLN bakal berkurang…

n_n

best regard

miss. diamondra

10 thoughts on “Listrik Prabayar (cara tepat untuk berhemat)

  1. yup,, :)
    ternyata hidup itu gampang klo dibawa gampang…
    bijak menggunakan listrik, tagihan irit…
    pake prabayar…maksa2 dikit tuk berhemat :mrgreen:

  2. listrik pra bayar bikin repot.
    bayangkan bila kita lupa ngisi pulsa, padahal digit angka sudah hampir habis, sedangkan harinya pas minggu, tak ada yg buka pelayanan listrik. tak ada atm di kampung.
    pemakaian listrik lagi penting2nya… yaaah mati deh….
    au ah gelap

    • sebelumnya saya bukan pak, tapi masih mba :)
      kalau Listrik Prabayar (LPB) tiba2 mati mungkin itu ada sedikit kesalahan pada meterannya.
      bisa telp call center PLN di 123, untuk keluhan mengenai meteran. Nanti dari pihak CC akan meneruskan ke kantor PLN di area sekitar bapak tinggal. Atau bapak bisa juga langsung mendatangi kantor PLN nya, ke bidang Pelayanan Teknik dan langsung menyampaikan keluhan bapak. terima kasih, semoga membantu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s