Gubernur Aceh: Situasi Terkendali

TEMPO Interaktif, Simeleu – Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf memastikan kondisi warganya aman setelah gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter. Tsunami juga tidak terjadi, dengan diperkuat laporan Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Honolulu yang menarik peringatan tsunami setelah gempa.

“Sejauh ini tidak ada kerusakan atau korban telah dilaporkan dan situasi terkendali,” kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Setidaknya ada lima gempa susulan yang kuat dan terukur sampai dengan 5,2 SR. Gempa, yang melanda terjadi saat warga wilayah ini sedang mempersiapkan diri untuk salat subuh. Gempa juga menyebabkan kepanikan di Medan, ibukota Sumatera Utara dan kota-kota lain di wilayah ini. Listrik putus di Medan dan Banda Aceh, ibukota Provinsi Aceh.

Orang-orang di beberapa kota di sepanjang pantai barat Sumatera serta di pulau Simeulue Sinabang dan Gunung Sitoli di Pulau Nias di dekatnya tumpah ke jalan-jalan dan bergegas ke tempat yang lebih tinggi setelah gempa.

“Rumor tentang tsunami membuat panik penduduk desa yang tinggal dekat pantai,” kata Eddy Effendi, penduduk di kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara. “Mereka melarikan diri dengan sepeda motor dan mobil atau dengan mendaki bukit-bukit. Kepanikan dan kekacauan di mana-mana. Tapi saya tidak melihat kerusakan serius atau korban luka di desa saya.”

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Gempa yang melanda sekitar 5:15 WIB, berpusat 200 kilometer barat laut kota Pantai Sibolga dan berada di kedalaman 31 kilometer. Pusat gempa itu sekitar 215 kilometer dari Medan.

Pada bulan Desember 2004, gempa berkekuatan 9,15 Skala Richter di lepas pantai Aceh memicu tsunami di Samudra Hindia yang menewaskan sekitar 226.000 orang di Indonesia, Sri Lanka, India, Thailand dan sembilan negara lainnya.

disunting dari http://www.tempointeraktif.com

tetep gak ada kabar dari sabang????

ya ampun gmna kabar dia????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s