TDL (Tarif Dasar Listrik) naik ???

akhir-akhir ini lagi sedang panas berita tentang rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL), amat sangat banyak yang complaint dan mungkin sedikit yang setuju. Itu tergantung dari segi mana kita menyikapinya. Tapi disini saya tidak akan menulis tentang setuju atau tidak setuju, tapi hanya ingin sharing tentang kenaikan TDL ini.

TDL di isukan akan naik per tanggal 1 Juli 2010, itu mungkin sudah menjadi sebuah rencana yang matang. Dan di gosipkan lagi untuk tegangan kecil seperti 450 dan 900 tidak akan naik, jadi masih menggunakan tarif normal. Dan kenaikannya adalah 10% dari (hehehe, maaf q gak tahu, tar q cari tahu deh)
Tapi untuk masalah TDL itu masih belum bisa di klarifikasikan berapa naiknya karena masih menunggu keputusan dari Presiden. Jadi bagi teman-teman yang mungkin belum mengetahui dari mana asal kenaikan  TDL yaitu dari keputusan presiden, jadi sebenarnya PLN tidak memiliki andil dalam kenaikan TDL, PLN hanya sebagai pelaksana. Presiden dan pemerintahlah yang menentukan kapan TDL harus naik dan berapa besar kenaikannya, itu semua yang mengatur adalah pemerintah.

Sebenarnya teman-teman perlu mengetahui juga bahwa PLN sudah berupaya semaksimal mungkin untuk terus meningkatkan kinerja, dengan berusaha sebisa mungkin meminimalisir pemadaman bergilir. Jadi mohon untuk tidak menjudge PLN dengan yang tidak-tidak, karena dengan pergantian Direktur pada tahun (kalo tidak salah) 2009 lalu, itu diupayakan untuk meningkatkan kinerja PLN.

Makasih banyak iah atas perhatiannya.

hahahahahah

4 thoughts on “TDL (Tarif Dasar Listrik) naik ???

  1. Wah, udah jadi jubir-nya PLN ya.
    Menurut saya, tidak akan ada asap kalo ndak ada apinya. Jadi ndak mungkin pemerintah merencanakan kenaikan TDL secara tiba-tiba tanpa sebab. Sehingga yang perlu dicari tahu adalah sebabnya.
    Saya punya satu contoh. Setahu saya, sebagian besar pekerjaan PLN dilaksanakan oleh kontraktor. Mulai dari pengadaan komponen, pemasangan hingga maintenance. Kontraktor2 tsb juga tidak bekerja sendiri, tapi di sub-kontrak-kan lagi. Jadi saat melihat sebuah trafo di pinggir jalan, saya berpikir, sudah lewat berapa tangan trafo tsb ?
    Jadi, coba, misalnya, pekerjaan pemasangan dan maintenance, dilaksanakan sendiri oleh karyawan PLN. Kan bisa irit biaya operasional.
    CMIIW.

    • hmmm…….

      maybe…
      tapi maaf bgt kalo buat ituh q kurang tau…
      emang se banyak rekanan si PLN ini,
      jadi kan sebener’a orang kalo ngasih listrik gak bisa jual langsung ke masyarakat, tapi jual listrik’a ke PLN nah PLN yang salurin ke masyarakat…
      tapi dikabarin bakal ada undang2 yang isi’a pln bukan lagi jadi perusahaan satu2nya penyedia listrik,,,
      nah mulai skrg PLN bakal mencoba memperbaiki diri dengan motto World Class Service…
      di distribusi jakarta baru ada 5 unit yang jadi percobaan, tapi q gak tau itu apah…..

      Jadi doakan sajjah lah, semoga PLN bisa makin baik lagi…

    • maaf baru bisa repp…

      heem kan udah ada tuh slogan World Class Service,
      WCS, itu udah mulai di canangkan,
      sekarang juga udah mulai re-organisasi, soal’a SDM’a kurang…
      terus ada lagi Borderless…
      bnyak dehhh…
      mudah2n dengan ada’a terobosan baru PLN makin maju,
      juga Indonesia biar makin teraaaang…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s