Happy Bday Daddy

Selamat ulang tahun papa. Sudah satu tahun sejak kepergianmu. Lihatlah, aku bisa. Dengan gajiku sebagai pegawai BUMN yang secara diam papa banggakan, aku bisa menyekolahkan 3 adikku. Memberi makan 5 anggota keluarga ku. Bisa membuatkan mama rak buku. Bisa membelikan handphone baru untuk anak kandung pertamamu. Bisa selalu memberi jajan anak bungsumu.
Aku tau pa, sering sekali rasanya aku merindukanmu. Saat pulang kerja, saat si bungsu menghampiriku, aku yakin jika kau masih ada Pa. Yang akan diteriakkan adalah namamu.
Bungsumu sudah besar Pa, sudah bisa bergaya di depan kamera, sudah pandai menari, sudah pandai bernyanyi, sudah punya keinginan untuk sekolah seperti yang selalu ia katakan. “Sekolah di almadina”. Itu Pa, TK dekat rumah kita.
Pa, apakah kau baik2 saja?? Seperti apakah di alam kubur itu?? Sudahkah kau merasakan kedekatan dengan sang Khalik?? Apakah kau bisa menjawab pertanyaan malaikat penjaga kubur itu Pa?? Seperti apakah rupa mereka??
Maaf Pa aku banyak tanya, ingin sekali rasanya aku masih punya Papa, sekalipun saat kau masih ada, kau tidak pernah aku anggap Pa. Aku minta maaf.
Pa, aku merindukanmu, sungguh.
Kami semua merencanakan untuk membeli rumah, apakah aku bisa Pa?? Apakah aku tidak cukup egois untuk tidak membeli rumah?? Semoga aku bisa Pa, semoga semuanya cukup.
Anak sulungmu, sudah masuk SMP Pa, di SMP favorite, dia sudah menjadi gadis yang cantik, kemarin dia merengek di belikan handphone, ya sudah aku belikan saja, toh itu adalah hadiah untuknya.
Anak keduamu, dia sudah pintar bermain, selalu membuat mama kewalahan, tapi dia pintar matematika Pa, sama seperti Papa, aku janji, aku akan berjuang buat dia, hingga dia kuliah nanti. Hingga sukses sepertimu Pa.
Dan anak bungsumu, dia hanya mengenalmu dari foto mu, foto yang di pajang di ruang tengah, dia selalu berkata “Papa, Papa” dan akhirnya memandangan ke foto itu.
Tenang ya Pa disana, Ya Allah, jangan Kau siksa ayahku, dia ayah yang sungguh baik. Amiien

Leave a Reply

